PENYEBAB DAN CARA MENGATASI KOMPUTER TERASA LAMBAT


komputer terasa lambat lemot



Sering kali masalah mengganggu kita pada saat menggunakan komputer atau laptop, salah satunnya adalah lemot atau lambat, permasalahan yang begitu umum ini memang terasa menjengkelkan untuk orang - orang yang tidak sabaran menunggu, apalagi memang lagi buru - buru atau kejar target. kali ini saya akan membagikan tutorial cara mengatasi komputer terasa lambat.



Berikut adalah beberapa faktor umum penyebab komputer lambat yang mungkin terjadi pada komputer teman - teman dan cara mengatasinya.


Terlalu banyak program/ aplikasi yang di install


Terkadang kita tidak begitu memperhatikan aplikasi apa saja yang terinstal pada komputer kita, sehingga space memory pada komputer kita tidak di sebanding. Akibatnya, komputer akan menjalankan banyak sekali program pada saat komputer di gunakan,  Jelas ini sangat membebani komputer. 

Cara mengatasinya sangat mudah, teman - teman bisa menguninstall program yang tidak penting pada control panel. caranya teman - teman buka melalui control panel. Klik Start, klik Control Panel, klik uninstall program, lalu pilih program yang tidak terpakai untuk di uninstall.

File temp. terlalu besar.

Ketika kita menggunakan Internet melalui komputer, maka komputer akan menyimpan beberapa data ke dalam folder temp secara otomatis. ketika folder ini sudah terlalu besar, maka akan memperlambat kinerja komputer kita. tidak ada cara lain selalin menghapus isi folder temp. Caranya yang paling mudah adalah dengan menggunakan aplikasi 'Ccleaner'. 

download CCleaner di sini


Cara menggunakan nya buka aplikasi ccleaner yang sudah di install, lalu pilih analyze,
tunggu sampai proses selesai. Setelah itu, untuk membersihkan file temp, pilih tombol run

cleaner.


Spesifikasi aplikasi lebih tinggi dari pada spesifikasi komputer

Contoh jika pada saat penggunaan biasa komputer terasa ringan, tapi pada saat menjalankan aplikasi sebagai contoh game, kok terasa berat atau lambat, dapat di pastikan bahwa penyebabnya adalah spesfikasi yang di butuhkan oleh aplikasi atau game lebih tinggi dari komputer teman - teman.


Terinfeksi virus

Virus juga adalah salah satu penyebab komputer lambat, bukan hanya memperlambat kinerja komputer, seiring dengan perkembangan antivirus berkembang pula virus - virus yang di ciptakan oleh tangan manusia dengan berbagai macam tujuan pembuatan virus itu sendiri.


Cara mengatasinya adalah teman - teman harus rutin mengupdate  atau memperbarui database antivirus yang ada pada komputer teman - teman di rumah.

Kerusakan pada hardware komputer


Kerusakan pada hardware komputer juga dapat menyebabkan komputer lambat, beberapa hardware yang sering mengganggu kinerja kenyamanan pengguna komputer adalah hard disc, ram, vga dll. 

Cara mengatasinya adalah dengan cara mengupgrade atau membeli baru komponen tersebut.


Baiklah untuk tutorial cara mengatasi komputer terasa lambat saya akhiri sampai disini dulu, sampai jumpa pada tutorial - tutorial berikutnya, selamat mencoba, semoga bermanfaat dan salam sukses

0 komentar:

Popular Posts