CARA SETTING TIMER SHUTDOWN OTOMATIS

CARA SETTING TIMER SHUTDOWN OTOMATIS

Untuk teman-teman yang ingin melakukan shutdown otomatis pada komputer teman-teman caranya sangat mudah, semua berawal ketika saya sedang duduk pada lab komputer salah satu perguruan tinggi di kota malang, saya sedak asyik mencari artikel untuk bahan bloging beberapa saat kemudian pada layar komputer seluruh lab tampil message bahwa seluruh komputer akan mati secara otomatis pada pukul 21.00 WIB. saya sayang bingung kala itu berkas dan file-file saya belum saya save dan ada perasaan kecewa kala itu.

Berdasarkan pengalaman saya di atas ternyata dapat di manfaatkan juga, setelah saya browsing di google ternyata banyak sekali artikel-artikel para blogging yang membahas tentang kejadian seperti yang saya alami kemaren. kali ini saya terapkan settingan ini pada komputer saya pribadi soalnya saya sering ketiduran saat komputeran pada malam hari. Untuk mengantisipasi terjadi kerusakan pada hardware komputer saya terutama batrai saya berlakukanlah cara setting otomatis harian pada komputer saya.

Berikut ini adalah langkah-langkah setting timer shutdown otomatis :

- Pilih Start > All Program > Accessories >  System tools > Task Scheduler  maka akan mucul jendela baru bernama Task Scheduler seperti gambar di bawah ini:

CARA SETTING TIMER SHUTDOWN OTOMATIS

- Klik Create Basic Task pada tampilan Actions sebelah kanan atas, kemudian berikan nama dan deskripsi untuk task yang teman-teman buat ini, Contoh dengan nama "Shutdown otomatis". kemudian klik Next,

- Pada menu Task Trigger, teman-teman bisa menentukan kapan kegiatan tersebut akan di aktifkan. Contoh saya pilih Dialy maka jadwal yang teman-teman buat akan di aktifkan setiap hari.

- Kemudian tentukan ( tanggal, bulan, tahun, waktu ) kapan mulai di jalankan,  kalau sudah yakin klik Next.

- Setelah itu pada menu Action, tentukan apa yang akan dijalankan oleh task tersebut pada waktu yang telah kita tentukan. Disini kita pilih Start a program. Klik Next.

- Selanjutnya pada Program/ script pilih Browser dan buka program shutdown.exe yang ada di folder C:\Windows\System32\shutdown.exe,

- Selanjutnya pilih Finis

Baiklah tutorial cara setting shutdown otomatis pada komputer saya akhiri sampai disini dulu, sampai jumpa pada tutorial-tutorial berikutnya, selamat mencoba, semoga bermanfaat dan salam sukses.

0 komentar:

Popular Posts