FUNGSI RAM DAN PEREKEMBANGAN NYA

RAM (Random Access Memory) adalah salah satu komponen penyusunan perangkat komputer, RAM berfungsi sebagai media penyimpanan lebih tepatnya penyimpanan sementara, kenapa dikatakan sementara dikarenakan RAM hanya bekerja ketika komputer sedang aktifitas atau menyala, ketika komputer tidak menyala apa yang tersimpan dalam RAM akan terhapus. 

Struktur dan fungsi RAM :

-Input storage, bagian RAM yang berfungsi menampung input dari perangkat I/O (Camera, Bluetooth, Scanner, dll)
-Output storage, bagian RAM berfungsi untuk menampung hasil akhir dari data yang akan di tampilkan.
-Program storage, bagian RAM berfungsi untuk menampung interupsi.
-Working storage, bagian RAM berfungsi menyimpan data yang akan di olah dan hasil pengolahan

Perkembangan RAM :

DRAM

DRAM Pada tahun 1970, IBM menciptakan sebuah memori yang dinamakan DRAM. DRAM sendiri merupakan singkatan dari Dynamic Random Access Memory











FP RAM 

FP RAM Fast Page Mode DRAM atau disingkat dengan FPM DRAM ditemukan sekitar tahun 1987. Sejak pertama kali diluncurkan, memori jenis ini langsung mendominasi pasaran, dan orang sering kali menyebut memori jenis ini “DRAM” saja, tanpa menyebut nama FPM.




3 EDO RAM 

EDO RAM Pada tahun 1995, diciptakanlah memori jenis Extended Data Output Dynamic Random Access Memory (EDO DRAM) yang merupakan penyempurnaan dari FPM.















4 SD RAM 

SD RAM PC66 Pada peralihan tahun 1996 – 1997, Kingston menciptakan sebuah modul memori dimana dapat bekerja pada kecepatan (frekuensi) bus yang sama / sinkron dengan frekuensi yang bekerja pada prosessor.











5 SD RAM 

SD RAM PC100 Selang kurun waktu setahun setelah PC66 diproduksi dan digunakan secara masal, Intel membuat standar baru jenis memori yang merupakan pengembangan dari memori PC66. 













6 DR DRAM 

DR DRAM Pada tahun 1999, Rambus menciptakan sebuah sistem memori dengan arsitektur baru dan revolusioner, berbeda sama sekali dengan arsitektur memori SDRAM.



7 RD RAM PC800 

RD RAM PC800 Masih dalam tahun yang sama, Rambus juga mengembangkan sebuah jenis memori lainnya dengan kemampuan yang sama dengan DR DRAM. Perbedaannya hanya terletak pada tegangan kerja yang dibutuhkan.














8 SD RAM PC133 

SD RAM PC133 Selain dikembangkannya memori RDRAM PC800 pada tahun 1999, memori SDRAM belumlah ditinggalkan begitu saja, bahkan oleh Viking, malah semakin ditingkatkan kemampuannya. Sesuai dengan namanya, memori SDRAM PC133 ini bekerja pada bus berfrekuensi 133MHz dengan access time sebesar 7,5ns dan mampu mengalirkan data sebesar 1,06GB per detiknya. 







9 SD RAM PC150 

SD RAM PC150Perkembangan memori SDRAM semakin menjadi – jadi setelah Mushkin, pada tahun 2000 berhasil mengembangkan chip memori yang mampu bekerja pada frekuensi bus 150MHz, walaupun sebenarnya belum ada standar resmi mengenai frekunsi bus sistem atau chipset sebesar ini.   











10 DDR SD RAM 

DDR SD RAM Masih di tahun 2000, Crucial berhasil mengembangkan kemampuan memori SDRAM menjadi dua kali lipat. Jika pada SDRAM biasa hanya mampu menjalankan instruksi sekali setiap satu clock cycle frekuensi bus, maka DDR SDRAM mampu menjalankan dua instruksi dalam waktu yang sama.


11 DDR RAM


DDR RAMPada 1999 dua perusahaan besar microprocessor INTEL dan AMD bersaing ketat dalam meningkatkan kecepatan clock pada CPU. Namun menemui hambatan, karena ketika meningkatkan memory bus ke 133 Mhz kebutuhan Memory (RAM) akan lebih besar.











12 DDR2 RAM 

DDR2 RAM Ketika memori jenis DDR (Double Data Rate) dirasakan mulai melambat dengan semakin cepatnya kinerja prosesor dan prosesor grafik







13 DDR 3 RAM 

DDR 3 RAM RAM DDR3 ini memiliki kebutuhan daya yang berkurang sekitar 16% dibandingkan dengan DDR2. Hal tersebut disebabkan karena DDR3 sudah menggunakan teknologi 90 nm sehingga konsusmsi daya yang diperlukan hanya 1.5v, lebih sedikit jika dibandingkan dengan DDR2 1.8v dan DDR 2.5v.











Demikian tadi fungsi dan perkembangan RAM, untuk postingan kali ini saya akhiri sampai disini dulu, selamat belajar dan salam suskes.

0 komentar:

Popular Posts